DAMPAK FATHERLESS TERHADAP KECERDASAN SOSIAL DAN EMOSIONAL: PENELITIAN EKSPLORATIF TERHADAP ANAK PEREMPUAN

Authors

  • Farisah Hidayatul Hadi
  • Eni Hastuti
  • Dwianti Marthalena

Keywords:

fatherless, kecerdasan emosional, kecerdasan sosial

Abstract

Fatherless adalah kondisi dimana ketidakhadiran sosok ayah dalam mendampingi dan mendidik anak dalam masa pertumbuhannya. Hal ini dapat disebabkan oleh perceraian, kematian, dan banyak hal lainnya. Namun, kondisi fatherless juga dapat disebabkan oleh ketidakhadiran ayah secara psikologi dan emosional yang membuat anak merasa asing terhadap kehadiran ayah di sekitarnya. Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengekplorasi faktor yang melatarbelakangi fenomena fatherless serta dampak yang ditimbulkan oleh kondisi tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian eksploratif, dengan pendekatan studi kasus, melalui analisis teori keterikatan (attachment theory).  Pengumpulan data dilakukan dengan teknik: obervasi, wawancara, serta kuesioner dan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dampak dari fatherless dapat mempengaruhi kecerdasan anak dari segi sosial serta emosional sehingga anak mengalami keterbatasan dalam mengembangkan kecerdasan tersebut, dan hal yang melatarbelakangi terjadinya fenomena ini adalah tidak adanya kedekatan khusus antara hubungan ayah dan anak serta budaya patriaki yang melekat di masyarakat yaitu menganggap ayah tidak pantas mengurus rumah dan anak. Saran dalam penelitian ini adalah bagi setiap individu untuk dapat mendalami skill parenting dan selalu memperbarui pola pikir agar terhindar dari kondisi serta pengakibat dari kondisi fatherless.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N. (2019). Hubungan Fatherless dengan Self-control Siswa. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Al-Jundi, M. T., & Aufa, M. (2021). POLA ASUH QURANI DALAM MENCEGAH FENOMENA FATHERLESS:(TAFSIR AYAT-AYAT KISAH NABI IBRAHIM AL-QUR’AN). Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2).

Banu, S., & Manik, N. D. Y. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Pada Keluarga Yang Tidak Memiliki Ayah. Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 73–83.

Fajarrini, A., & Umam, A. N. (2023). DAMPAK FATHERLESS TERHADAP KARAKTER ANAK DALAM PANDANGAN ISLAM. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 20–28.

Fitroh, S. F. (2014). Dampak fatherless terhadap prestasi belajar anak. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(2), 83–91.

Hafo, E. (2020). TEORI ATTACHMENT JOHN BOWLBY SEBAGAI PENDEKATAN EFEKTIF DALAM BELAJAR DI DUNIA MODERN. Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta.

Hardy, F. A. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 2-7 Tahun Di Gereja Toraja Jemaat Tello Batua Makassar. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Hidayat, T., & Purwokerto, U. M. (2019). Pembahasan studi kasus sebagai bagian metodologi penelitian. Jurnal Study Kasus, 3, 1–13.

Mamangkey, L. A. G., Tewal, B., & Trang, I. (2018). Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan sosial (SQ) terhadap kinerja karyawan kantor wilayah bank bri manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).

Mubarok, M. D. Y. (2023). IMPLEMENTASI KELUARGA SAKINAH BERKEMAJUAN TERHADAP FENOMENA FATHERLESS. HAKAM: Jurnal Kajian Hukum Islam Dan Hukum Ekonomi Islam, 7(1).

Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Eksploratif Komunikasi. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 22(1), 65–74.

Novela, T. (2019). Dampak Pola Asuh Ayah Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 16–29.

Randles, J. (2020). Role modeling responsibility: The Essential Father Discourse In Responsible Fatherhood Programming and Policy. Social Problems, 67(1), 96–112.

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696.

Utami, R. S. (2015). Hubungan Antara Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan dengan Psychological Well-being Pada Masa Dewasa Muda Anak Perempuan. Program Studi Psikologi FPSI-UKSW.

Wilson-Ali, N., Barratt-Pugh, C., & Knaus, M. (2019). Multiple perspectives on attachment theory: Investigating educators’ knowledge and understanding. Australasian Journal of Early Childhood, 44(3), 215–229.

Wongpy, N. (2021). Pembagian Peran dan Tugas dalam Rumah Tangga: Seberapa Penting? Bunga Rampai Keluarga Tangguh 1 Dan 2 (EDISI LENGKAP), 38.

Wuwung, O. C. (2020). Strategi Pembelajaran & Kecerdasan Emosional. Scopindo Media Pustaka.

Downloads

Published

2024-01-09

How to Cite

Farisah Hidayatul Hadi, Eni Hastuti, & Dwianti Marthalena. (2024). DAMPAK FATHERLESS TERHADAP KECERDASAN SOSIAL DAN EMOSIONAL: PENELITIAN EKSPLORATIF TERHADAP ANAK PEREMPUAN. ADAPTASI : Jurnal Sosial Humaniora Dan Keagamaan, 1(1), 54–66. Retrieved from https://journal.abakacademypress.com/index.php/adaptasi/article/view/4