Pola Literasi Orang Tua Melahirkan Strawberry Generation Kreatif

Authors

  • Manha Sanika Rahmasari MTsN 27 Jakarta
  • Isna Oriza N MTsN 27 Jakarta
  • Ahmad Ali Fikri MTsN 27 Jakarta

Keywords:

Pola literasi orang tua, Strawberry Generation kreatif

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Pola Literasi Orang Tua Melahirkan Strawberry Generation Kreatif. Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu 1) mengetahui terkait pola literasi orang tua yang dapat melahirkan Strawberry Generation kreatif dan 2) mengetahui faktor yang mempengaruhi pola literasi orang tua dalam mendidik anak-anak mereka menjadi Strawberry Generation kreatif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomonologi. Subjek penelitiannya adalah siswa/siswi  MTs Negeri 27 Jakarta yang termasuk dalam kategori Strawberry Generation kreatif . Objeknya ialah pola literasi yang dimiliki orang tua dari siswa/siswi MTs Negeri 27 Jakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pola literasi orang tua mempengaruhi lahirnya Strawberry Generation kreatif. Cara mendidik anak terkait pola literasi orang tua yang tinggi dapat melahirkan Strawberry Generation kreatif dibandingkan dengan orang tua yang memiliki pola literasi yang rendah. Hal tersebut ditandai dengan orang tua yang tingkat literasinya sudah baik, dapat dipastikan mengetahui kebutuhan berpikir yang diperlukan oleh anak sejak dini seperti berpikir logis, kreatif dan berpikir kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriana,N.G., & Zimansyah, Z (2018). Pengaruh Pengetahuan Parenting terhadap Keterlibatan Orangtua di Lembaga PAUD. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif.

Aulia, S., Meilani, T., & Nabillah, Z. (2022). Strawberry Generation: Dilematis Keterampilan Mendidik Generasi Masa Kini. Jurnal Pendidikan, 31(2), 237. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2485

Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi.

Berkah Lestari. (2006). Upaya Orang Tua Dalam Pengembangan Kreativitas Anak--- Barkah Lestari. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan.

Bisri, H. (2016). Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Dan Jujur Pada Anak Didik (Studi Kaus Pada Siswa Kelas 3 Min Malang 2). Malang: PPs UIN Maliki Malang.

Dewa Gede. (2012). Ilmu Negara, Malang: Setara Press.

Edwars.(1995). Exploring Servperf: an Empirical Investigation On The Importance-Performance, Servvice Quality Relationship In The Uniform Rental Industry. University Of Southwestern Louisiana.

Farid, Muhammad. (2018). Fenomenologi dalam Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: Prenada Media.

Iriantara, Y. (2006). Literasi Media : Apa, Mengapa, Bagaimana. Simbiosa Rekatama Media.

Iskandar. (2008). Metodologi Peneltian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Gaung Persada Press: Jakarta.

Kasali, R. (2018). Strawberry generation: mengubah generasi rapuh menjadi generasi tangguh. In MIZAN.

Megawangi, R. (2003). Pendidikan Karakter Untuk Membangun Masyarakat Madani. IPPK Indonesia Heritage Foundation.

Meleong,L.J. (2012). No title. In Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung.

Moleong, Lexy J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rordakarya.

Nana, S. S. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Pradipta, G. A. (2011). Keterlibatan Orang Tua dalam Proses Mengembangkan Literasi Dini Anak Usia PAUD di Surabaya. Jurnal Unair, 1(3),1-9.

Riyanto. (2010). Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Jakarta: Granit.

Strickland. (2010). The relationship between charismatic leadership, work engagement and organizational citizenship behaviors. The Journal of psychology.

Sugiyono. (2016). No title. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Afabeta : Bandung.

Sugiyono.(2000). Psikologi Belajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Sugiyono.(2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Tiffany .(2023). 15 Macam Pola Asuh Menurut Psikologi. DosenPsikologi.com/tanggal 04 Maret 2023

Wiratmo, L. B. (2020). Kompetensi Literasi Digital Orang Tua dan Pola Pendampingan Pada Anak Dalam Pemanfaatan Media Digital. Prodi Informasi dan Humas Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Manha Sanika Rahmasari, Isna Oriza N, & Ahmad Ali Fikri. (2024). Pola Literasi Orang Tua Melahirkan Strawberry Generation Kreatif. ADAPTASI : Jurnal Sosial Humaniora Dan Keagamaan, 1(2), 16–34. Retrieved from https://journal.abakacademypress.com/index.php/adaptasi/article/view/27