PERANCANGAN PROTOTYPE TEKNOLOGI IOT (INTERNET OF THINGS) UNTUK MONITORING pH TANAMAN HIDROPONIK DI PESANTREN QSBS AL-KAUTSAR 561

Authors

  • Zainuri Muhammad Rizqy
  • Muhammad Naufal Zahiruddin
  • Erika Iskandar
  • Aida Nursidah

Keywords:

Teknologi IOT, pH, hidroponik, prototype, agrotani

Abstract

Pesantren QSBS Al-kautsar 561 merupakan sekolah dengan lahan yang cukup luas dengan basis kegiatan agro tani, sehingga cocok untuk ditanami berbagai macam tumbuhan. Belakangan ini di pesantren kami sedang mengembangkan teknologi agro tani menggunakan metode hidroponik, yaitu metode menanam tumbuhan dengan menggunakan air sebagai media tanam. Masalahnya, untuk bercocok tanam dengan metode hidroponik harus dengan teliti agar ph air bisa stabil untuk menjaga pertumbuhan tanaman. Akan tetapi kita tidak bisa terus menerus datang untuk mengecek ph air karena membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Seiring berkembangnya zaman, munculah teknologi bernama IOT. Teknologi tersebut merupakan suatu alat yang bisa membantu untuk pengukuran ph.Jadi dengan alat ini kita bisa lebih mudah untuk mengukur ph dan mendapatkan hasil yang pasti. Sehingga dibuatlah prototype IOT tersebut untuk memonitoring ph sekaligus menguji keefektifannya jika diterapkan di hidroponik pesantren al-kautsar yang relatif masih manual. Metode penelitian dilakukan dengan membuat rancangan alat eksperimental. Kelompok pengujian dilakukan 6 waktu, setiap waktu diambil data sebanyak 6 sampel. Kemudian hasilnya dibandingkan dengan nilai pH yang diukur secara manual dengan pH indikator.  Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan nilai error alat yang dibuat sebesar 5,7 %. Nilai pH rata-rata yang didapat oleh alat teknologi IOT ini adalah 6,5-7,5.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahdan, S., & Susanto, E. R. (2021). Implementasi dashboard smart energy untuk pengontrolan rumah pintar pada perangkat bergerak berbasis internet of things. Jurnal Teknoinfo, 15(1), 26-31.

Al Tahtawi, A. R., & Kurniawan, R. (2020). Kendali pH untuk sistem IoT hidroponik deep flow technique berbasis fuzzy logic controller. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 8(4), 323-329.

Astuti, C. C., Nurmalasari, I. R., & Hasanah, F. N. (2020). Peningkatan Swasembada Pangan dengan Penanaman Kangkung Hidroponik Di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 3).

Aulia Nofdizhar, B. (2023). RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI KUALITAS AIR MINUM DENGAN PARAMETER KIMIA MENGGUNAKAN SENSOR PH DAN SENSOR KONDUKTIVITAS BERBASIS ARDUINO UNO.

Desmira, D., Aribowo, D., & Pratama, R. (2018). Penerapan Sensor pH Pada Area Elektrolizer Di PT. SULFINDO ADIUSAHA. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 5(1).

Kawinda, T. M., Muayyadi, A. A., & Mulyana, A. (2023). Penerapan Teknologi Internet Of Things Pada Hidroponik Cabai Rawit Dengan Sistem Dutch Bucket Menggunakan ESP32 Dan Blynk. eProceedings of Engineering, 9(6).

Lubis, Z., Saputra, L. A., Winata, H. N., Annisa, S., Muhazzir, A., & Wahyuni, M. S. (2019). Kontrol Mesin Air Otomatis Berbasis Arduino Dengan Smartphone. Buletin Utama Teknik, 14(3), 155-159.

Nanda, M. A., Perwitasari, S. D. N., & Amaru, K. (2022). Evaluasi respon masyarakat pada diseminasi penerapan teknologi hidroponik smart watering. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 28(1), 102-110.

Purma Nailu Safiroh W.P. , M.Komarudin dan Gigih Forda Nama. (2022). Sistem Pengendalian Kadar Ph Dan Penyiraman Tanaman Hidroponik Model Wick System. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET). Vol. 10 No. 1, Januari 2022.

Rahib Lentera Alam dan Aris Nasuha. (2020). Sistem Pengendali pH Air dan Pemantauan Lingkungan Tanaman Hidroponik menggunakan Fuzzy Logic berbasis IoT. Jurnal Elinvo. Vol 5 No 1.

Randi Adzin Murdiantoro, dkk. (2021). Sistem Pemantauan Kondisi Air Hidroponik Berbasis Internet of Things Menggunakan NodeMCU ESP8266. Journal of Telecommunication, Electronics, and Control Engineering (JTECE) Vol 3 No 2 (2021)

Ramdani, D. (2020). Rancang Bangun Sistem Otomatisasi Suhu Dan Monitoring pH Air Aquascape Berbasis IoT (Internet Of Thing) Menggunakan Nodemcu Esp8266 Pada Aplikasi Telegram. INISTA (Journal of Informatics Information System Software Engineering and Applications), 3(1), 59-68.

Romalasari, A., & Sobari, E. (2019). Produksi selada (Lactuca sativa L.) menggunakan sistem hidropon

ik dengan perbedaan sumber nutrisi. Agriprima, Journal of Applied Agricultural Sciences, 3(1), 36-41.

Sugeng, B., & Sulardi, S. (2019). Uji keasaman air dengan alat sensor pH di STT Migas Balikpapan. Jurnal Kacapuri: Jurnal Keilmuan Teknik Sipil, 2(1), 65-72.

Sudarmo, A. P. (2018). Pemanfaatan pertanian secara hidroponik untuk mengatasi keterbatasan lahan pertanian di Daerah Perkotaan. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka (Vol. 1, No. 1, pp. 1-8).

Yudhanto, Y., & Azis, A. (2019). Pengantar Teknologi Internet of Things (IoT). UNSPress.

Zanofa, A. P., Arrahman, R., Bakri, M., & Budiman, A. (2020). Pintu Gerbang Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino UNO R3. Jurnal Teknik Dan Sistem Komputer, 1(1), 22-27.

Downloads

Published

2024-01-09

How to Cite

Zainuri Muhammad Rizqy, Muhammad Naufal Zahiruddin, Erika Iskandar, & Aida Nursidah. (2024). PERANCANGAN PROTOTYPE TEKNOLOGI IOT (INTERNET OF THINGS) UNTUK MONITORING pH TANAMAN HIDROPONIK DI PESANTREN QSBS AL-KAUTSAR 561. EKSTRAKSI : Jurnal Matematika Sains Teknologi Dan Lingkungan, 1(1), 44–57. Retrieved from https://journal.abakacademypress.com/index.php/ekstraksi/article/view/14